RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
SEKOLAH : SMK Al Fattah Islamic
School
MATA PELAJARAN : Bahasa Indonesia
KELAS : XI
SEMESTER : 2
A.
STANDAR
KOMPETENSI :
Mendengarkan : Memahami pembacaan cerpen
B.
KOMPETENSI
DASAR :
Mengidentifikasi alur, penokohan, dan latar dalam cerpen yang dibacakan
C.
MATERI
PEMBELAJARAN :
·
Cerpen
yang dibacakan
·
Unsur-unsur
cerpen (alur, penokohan, dan latar)
D.
PENILAIAN
No
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Karakter siswa yang diharapkan
|
1
|
Mengidentifikasi
alur, penokohan, dan latar cerpen yang di dengar
|
Dapat dipercaya ( Trustworthines)
|
2
|
Mendiskusikan
alur, penokohan, dan latar cerpen
|
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
|
|
|
Tekun ( diligence )
|
|
|
Tanggung jawab ( responsibility )
|
|
|
Berani ( courage )
|
E.
TUJUAN
PEMBELAJARAN :
Siswa dapat:
·
Mengidentifikasi
alur, penokohan, dan latar cerpen yang di dengar
·
Mendiskusikan
alur, penokohan, dan latar cerpen
·
Menentukan
alur, penokohan, dan latar
F.
METODE
PEMBELAJARAN :
Penugasan
Tanya
Jawab
Ceramah
Pemodelan
G.
LANGKAH-LANGKAH
KEGIATAN PEMBELAJARAN :
No.
|
Kegiatan Belajar
|
1.
|
Kegiatan Awal :
Apersepsi
:
Guru bertanya kepada peserta
didik yang telah mengetahui memo dan yang sudah pernah menulis memo
Motivasi
:
Guru menjelaskan secara singkat
materi pokok yang akan dibelajarkan.
Guru menjelaskan secara singkat
tujuan pembelajaran hari ini.
|
2.
|
Kegiatan Inti :
Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
mampu bercerita dengan urutan yang baik, suara, lafal, intonasi,
gesture dan mimik yang tepat
menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan
sumber belajar lain
melibatkan peserta didik secara aktif dengan meminta membacakan cerpen
di depan kelas
mengidentifikasi unsur-unsur intrinsik dalam
cerpen yang di dengar
mendiskusikan unsur-unsur intrinsik dalam
cerpen
memfasilitasi peserta didik
menyimpulkan pikiran, pendapat, dan gagasan mengenai unsur-unsur cerpen
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
memfasilitasi peserta didik melalui
pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik
secara lisan maupun tertulis
memberi
kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak
tanpa rasa takut
memfasilitasi peserta didik dalam
pembelajaran kooperatif dan kolaboratif
memfasilitasi peserta didik berkompetisi
secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar
memfasilitasi
peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan,
isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik;
berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab
pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa
yang baku dan benar;
membantu menyelesaikan masalah;
memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum
berpartisipasi aktif.
|
3.
|
Kegiatan Akhir :
bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat
rangkuman/simpulan pelajaran;
melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah
dilaksanakan secara konsisten dan terprogram
Guru menyimpulkan pembelajaran
hari ini.
Penugasan
|
H.
ALOKASI
WAKTU :
4 x
45 menit
I.
SUMBER
BELAJAR/ALAT/BAHAN :
Buku
kumpulan cerpen
J.
PENILAIAN
:
Jenis Tagihan:
tugas individu
ulangan
Bentuk Instrumen:
uraian bebas
pilihan ganda
jawaban singkat
Mengetahui,
Kepala Sekolah
|
Tangerang, 12 Mei 2014
Guru Mata Pelajaran
Uswatun Khasanah, S.
Pd.
|
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar