RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
SEKOLAH : SMP MABAD REMPOA
MATA PELAJARAN : Bahasa Indonesia
KELAS : VII
SEMESTER : 2
A.
STANDAR
KOMPETENSI :
Menulis : 12. Mengungkapkan berbagai informasi
dalam bentuk narasi dan pesan singkat
B.
KOMPETENSI
DASAR :
12.2 Menulis pesan singkat
sesuai dengan isi dengan menggunakan kalimat efektif dan bahasa yang santun
C.
MATERI
PEMBELAJARAN :
·
Menulis
pesan singkat dengan bahasa yang santun
D.
PENILAIAN
No
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Karakter siswa yang diharapkan
|
1
|
Mampu membedakan
pesan singkat resmi dan tidak resmi
|
Dapat dipercaya ( Trustworthines)
|
2
|
Mampu menulis
pesan dengan bahasa yang santun
|
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
|
|
|
Tekun ( diligence )
|
|
|
Tanggung jawab ( responsibility )
|
|
|
Berani ( courage )
|
E.
TUJUAN
PEMBELAJARAN :
Siswa dapat:
·
Menyebutkan
isi pesan
·
Menjelaskan
perbedaan perbedaan pesan singkat resmi dan tidak resmi
·
Menulis
pesan singkat sesuai dengan menggunakan kalimat efektif dan bahasa yang santun
F.
METODE
PEMBELAJARAN :
Penugasan
Tanya
Jawab
Ceramah
Pemodelan
G.
LANGKAH-LANGKAH
KEGIATAN PEMBELAJARAN :
No.
|
Kegiatan Belajar
|
1.
|
Kegiatan Awal :
Apersepsi
:
Guru bertanya kepada peserta
didik yang telah mengetahui memo dan yang sudah pernah menulis memo
Motivasi
:
Guru menjelaskan secara singkat
materi pokok yang akan dibelajarkan.
Guru menjelaskan secara singkat
tujuan pembelajaran menulis memo.
|
2.
|
Kegiatan Inti :
Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
mampu bercerita dengan urutan yang baik, suara, lafal, intonasi,
gesture dan mimik yang tepat
menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan
sumber belajar lain
melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan
pembelajaran
memfasilitasi peserta didik
menyimpulkan pikiran, pendapat, dan gagasan mengenai surat pesan singkat resmi dan tidak
resmi
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
memfasilitasi peserta didik melalui
pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik
secara lisan maupun tertulis
memberi
kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak
tanpa rasa takut
memfasilitasi peserta didik dalam
pembelajaran kooperatif dan kolaboratif
memfasilitasi peserta didik berkompetisi
secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar
memfasilitasi
peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan,
tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik;
berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab
pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa
yang baku dan benar;
membantu menyelesaikan masalah;
memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum
berpartisipasi aktif.
|
3.
|
Kegiatan Akhir :
bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat
rangkuman/simpulan pelajaran;
melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah
dilaksanakan secara konsisten dan terprogram
Guru menyimpulkan pembelajaran
hari ini.
Penugasan
|
H.
ALOKASI
WAKTU :
4 x
40 menit
I.
SUMBER
BELAJAR/ALAT/BAHAN :
Buku
Paket dan LKS
J.
PENILAIAN
:
Jenis Tagihan:
tugas individu
ulangan
Bentuk Instrumen:
uraian bebas
pilihan ganda
jawaban singkat
TES TULIS
1. Sebutkan perbedaan memo resmi dan tidak resmi!
2. Sebutkan bagian memo resmi!
3. Mengapa harus menggunakan bahasa yang sopan dan
santun dalam menulis memo?
4. Kepala sekolah meminta laporan keungan kepada
bendahara sekolah. Buatlah memo!
5. Kamu ingin minta tolong kepada adikmu untuk
merapikan buku di perpustakaan rumah karenamu kamu terburu-buru berangkat ke
sekolah. Buatlah memo tidak resmi kepada adikmu!
SKOR MAKSIMUM
No. Soal Skor Maksimal
1 2
2 1
3 1
4 3
5 3
Jumlah 10
Skor Perolehan
NILAI =
------------------------------------ x 100
Mengetahui,
Kepala Sekolah
|
Ciputat,
Guru Bahasa Indonesia
|
|
Uswatun Khasanah
|