Jumat, 17 November 2017
RPP Teks Prosedur Kelas 7
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SMP IT RUHUL JADID
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : VII/ Satu
Materi Pokok : Teks Prosedur
Alokasi Waktu : 2 X Pertemuan (5 JP)
A. Kompetensi Inti
KI-1: Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
KI-2: Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
KI-3:Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
KI-4: Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Kompetensi Dasar Indikator Pencapaian Kompetensi
3.5 Mengidentifikasi teks prosedur tentang cara melakukan sesuatu dan cara membuat (cara memainkan alat musik/ tarian daerah, cara membuat kuliner khas daerah, dll.) dari berbagai sumber yang dibaca dan didengar.
3.5.1 Mendaftar kata/kalimat sebagai ciri
teks prosedur pada teks yang
dibaca/didengar.
3.5.2 Siswa dapat menentukan ciri-ciri bahasa yang digunakan dalam teks prosedur pada teks yang dibaca/didengar.
3.5.3 Siswa dapat menentukan jenis teks prosedur pada teks yang dibaca/didengar
3.5.4 Siswa dapat menentukan tujuan teks prosedur pada teks yang dibaca/didengar
4.5 Menyimpulkan isi teks prosedur tentang cara memainkan alat musik daerah, tarian daerah, cara membuat cinderamata, dan/atau kuliner khas daerah) yang dibaca dan didengar 4.5.1 Meringkas urutan isi teks
4.5.2 Menjawab pertanyaan isi teks
4.5.3 Mendemonstrasikan cara melakukan suatu pekerjaan dari simpulan teks yang didengar
C. Tujuan Pembelajaran
Pertemuan pertama
Setelah mengamati/mendengarkan beberapa contoh teks prosedur, peserta didik dapat:
1. Menentukan ciri umum teks prosedur pada teks yang dibaca/didengar.
2. Menentukan ciri-ciri bahasa yang digunakan dalam teks prosedur pada teks yang dibaca/didengar.
3. Menentukan tujuan teks prosedur pada teks yang dibaca/didengar.
4.
Pertemuan kedua
Setelah mengamati/mendengarkan teks prosedur, peserta didik dapat:
1. Meringkas urutan isi teks.
2. Menjawab pertanyaan isi teks.
3. Mendemonstrasikan cara melakukan suatu pekerjaan dari simpulan teks yang didengar.
D. Fokus nilai-nilai sikap
1. Kesantunan
2. Tanggung jawab
E. Materi Pembelajaran
1. Materi pembelajaran regular
a. Pengertian teks prosedur
b. Tujuan komunikasi teks prosedur
c. Pola pengembangan isi
d. Ciri bahasa teks prosedur (kata kerja, kata benda)
e. Cara meringkas teks prosedur
2. Materi pembelajaran pengayaan
a. Mengidentifikasi tujuan dan ciri bahasa dari teks prosedur yang dibaca/didengar
b. Meringkas teks prosedur yang dibaca/didengar
3. Materi pembelajaran remedial
a. Mengidentifikasi tujuan dan ciri bahasa dari teks prosedur yang dibaca/didengar
b. Meringkas teks prosedur yang dibaca/didengar
E. Metode Pembelajaran
1. Pendekatan : pendekatan ilmiah (scientifict approach)
2. Metode : a. ceramah plus,
b. penugasan,
c. diskusi,
d. tanya jawab.
F. Media dan Bahan
1. Media
a.Power point
b.Video teks prosedur
c.Laptop
d.LCD
G. Sumber Belajar
Isnatun, Siti, dan E.B. Devitta Ekawati. 2016. Buku Siswa Bahasa Indonesia Kelas VII SMP/M.Ts. Jakarta: Yudhistira.
Kamus Besar Bahasa Indonesia (Elektronik)
Permendikbud No 50 Tahun 2015 tentang Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia. 30 November 2015.
H. Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan Pertama (2 JP)
Pendahuluan (10 Menit)
a. Guru memberi salam dan menunjuk ketua kelas untuk memimpin doa serta tilawah bersama.
b. Guru mengondisikan kelas sambil mengabsen, agar kondusif untuk mendukung proses pembelajaran dengan cara meminta peserta didik membersihkan papan tulis dan merapikan tempat duduk, menyiapkan buku pelajaran dan buku referensi yang relevan serta alat tulis yang diperlukan.
c. Guru mengecek kesiapan siswa belajar baik secara fisik maupun psikologis dengan mengajak menyanyikan lagu nasional “Satu Nusa, Satu Bangsa” untuk membangun karakter cinta tanah air dan bahasa.
d. Guru menjelaskan tujuan pembelajaran atau Kompetensi yang akan dicapai.
e. Guru menyampaikan manfaat pembelajaran yang akan dilakukan.
f. Guru dan peserta didik menyepakati langkah-langkah dan penilaian kegiatan yang akan ditempuh untuk mencapai kompetensi.
Kegiatan inti (60 menit)
Mengamati
a. Peserta didik mengamati/menyimak tayangan tentang membuat “layang-layang”
b. Peserta didik mencermati penjelasan tayangan teks prosedur dalam tayangan “layang-layang”
Menanya
a. Secara berkelompok, peserta didik berdiskusi untuk merumuskan pertanyaan berdasarkan hal-hal yang ingin diketahui dari hasil pengamatan
b. Secara berkelompok, peserta didik mendiskusikan ciri umum teks prosedur (struktur, ciri kebahasaan; kata kerja, kata benda) yang terdapat dalam teks prosedur yang diamati.
Mengumpulkan Informasi
a. Secara berkelompok, peserta didik mencari informasi tambahan (teori) tentang ciri umum (struktur, ciri kebahasaan; kata kerja, kata benda) dari berbagai sumber lainnya seperti, di buku Bahasa Indonesia, internet, atau buku lainnya.
b. Secara berkelompok, peserta didik mencari contoh teks prosedur dari berbagai sumber lainnya seperti, di buku Bahasa Indonesia, internet, atau buku lainnya.
c. Secara berkelompok, peserta didik mendiskusikan ciri umum teks prosedur (struktur, ciri kebahasaan; kata kerja, kata benda) yang ditemukannya.
Mengasosiasi
a. Secara berkelompok, peserta didik mendiskusikan hal-hal apa yang diuraikan pada tiap bagian ciri umum teks prosedur dengan baik
b. Secara berkelompok, peserta didik mendiskusikan penggunaan teks prosedur
c. Secara berkelompok, peserta didik menyusun laporan hasil kerja.
Mengomunikasikan
a. Secara berkelompok, peserta didik mempresentasikan hasil kerja kelompok di depan kelas dan peserta didik dari kelompok lain menanggapi
b. Pendidik memberikan penegasan terhadap hasil pembelajaran peserta didik.
Penutup (10 menit)
a. Peserta didik dengan bimbingan guru menyimpulkan materi yang telah dipelajari
b. Peserta didik dan guru merefleksi yang mengaitkan materi pembelajaran dengan sikap spritiual dan sosial
c. Memfasilitasi pengumpulan hasil kerja sebagai bahan portofolio
d. Memberi tindak lanjut dengan memberi arahan berikutnya atau tugas remidi/pengayaan
e. Peserta didik memberikan umpan balik dengan mengajukan pertanyaan.
f. Guru menyampaikan informasi pembelajaran yang akan datang
g. Guru menutup kegiatan pembelajaran
Pertemuan kedua (2JP)
Pendahuluan (10 menit)
a. Salah seorang peserta didik memimpin berdoa dengan menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar
b. Pendidik mengecek kehadiran peserta didik
c. Pendidik mengajukan pertanyaan terkait pemahaman peserta didik terhadap materi sebelumnya. Misalnya: “Siapa yang masih ingat konsep teks prosedur yang kita pelajari minggu lalu?”, dan “Sebutkan ciri umum teks prosedur?”
d. Pendidik membimbing peserta didik untuk mensyukuri anugerah yang diberkn terkait dengan pemahaman mereka tentang teks prosedur dengan harapan mereka akan mampu menerapkan teks prosedur dengan baik.
e. Pendidik menyampaikan materi pembelajaran hari itu yaitu tentang ciri umum teks prosedur
f. Menyampaikan tujuan dan indikator pembelajaran
g. Menyepakati kegiatan yang akan dillakukan
Kegiatan Inti (60 menit)
Stimulasi
a. Peserta didik membaca/menyimak contoh teks prosedur “Langkah-langkah membuat kue basah”
b. Mencermati uraian yang berkaitan dengan kata kerja dan kata benda
Identifikasi Masalah
a. Secara berkelompok, peserta didik mendiskusikan penggunaan kata kerja dan kata benda dalam teks prosedur “Langkah-langkah membuat kue basah”
b. Secara berkelompok, peserta didik mendata dan mendiskusikan penggunaan kata kerja dan kata benda
Pengumpulan Data
a. Secara berkelompok, peserta didik mencari contoh teks prosedur lainnya baik tulis maupun lisan (video) dari internet
b. Secara berkelompok, peserta didik mencari teori tentang penggunaan kata kerja dan kata benda
c. Secara berkelompok, peserta didik membuat contoh penggunaan kata kerja dan kata benda
d. Secara berkelompok, peserta didik membuat teks prosedur
Pengolahan Data
a. Secara berkelompok, peserta didik menyusun laporan hasil kerja kelompoknya
b. Secara berkelompok, peserta didik menyimpulkan tujuan
Mengomunikasikan
a. Salah satu kelompok mempresentasikan hasil kerja kelompoknya, kelompok lain memberi tanggapan.
Penutup (10 menit)
a. Peserta didik dengan bimbingan guru menyimpulkan materi yang telah dipelajari
b. Peserta didik dan guru merefleksi yang mengaitkan materi pembelajaran dengan sikap spritiual dan sosial
c. Memfasilitasi penumpulan hasil kerja sebagai bahan portofolio
d. Memberi tindak lanjut dengan memberi arahan berikutnya atau tugas remidi/pengayaan
e. Peserta didik memberikan umpan balik dengan mengajukan pertanyaan.
f. Guru menyampaikan informasi pembelajaran yang akan datang
g. Guru menutup kegiatan pembelajaran
H. Penilaian
Pertemuan pertama
1. Teknik penilaian
a. Sikap (spiritual dan sosial)
1) Observasi (jurnal)
b. Pengetahuan
1) Tes tertulis
2. Instrumen penilaian
a. Sikap (spiritual dan sosial)
1) Jurnal
Nama Sekolah : SMP …
Kelas/Semester : VII/Semester I
Tahun pelajaran : …
No Waktu Nama Siswa Catatan Perilaku Butir Sikap Ttd Tindak Lanjut
1
2
3
b. Pengetahuan
1) Tes Tertulis
Bacalah teks prosedur berikut kemudian kerjakan sesuai dengan perintah!
Cara Membuat Nasi Goreng
Makanan khas Indonesia yang satu ini meski sudah terkenal di mancanegara, namun cara membuat nasi goring ini terbilang sangat mudah dan bisa dimasak oleh siapa saja. Untuk membantu para pemula dalam hal memasak, berikut ini adalah informasi cara membuat nasi goreng yang bisa dipraktikkan di rumah.
Bahan-bahan
2 Piring nasi putih
1 butir telur
3 siung bawang merah
2 siung bawang putih
1 batang daun bawang
Cara membuat :
1. Haluskan bawang merah, bawang putih, dan cabe rawit.
2. Siapkan wajan dan tuangkan minyak goreng secukupnya, lalu panaskan api dengan api sedang.
3. Setelah minyak panas, masukkan bawang merah, bawang putih, dan cabe rawit yang telah dihaluskan. Kemudian, masak hingga matang dan menimbulkan bau harum.
4. Masukkan bahan pelengkap sesuai selara, lalu aduk hingga merata dan matang.
5. Masukkan telur dan orak-arik hingga matang.
6. Masukkan nasi putih dan aduk hingga tercampur dengan semua bahan.
7. Tambahkan saus tomat, garam, merica hingga semua tercampur rata.
8. Jika telah matang, angkat nasi dan disajikan di atas piring.
Cara Menggosok Gigi
Menggosok gigi bertujuan untuk memperoleh kesehatan gigi/mulut dan napas menjadi segar dan supaya tidak menimbulkan penyakit mulut seperti sariawan panas dalam dll.
Alat
1. Sikat gigi
2. Pasta gigi
3. Air bersih
4. Gelas kumur
5. Handuk bersih
Langkah-langkah
1. Siapkan peralatan gosok gigi.
1. Buka kran untuk membasahi sikat gigi.
3. Basahi sikat gigi dengan air secukupnya.
2. Tutup kembali kran.
3. Olesi sikat gigi dengan pasta gigi sebesar biji jagung.
4. Buka kran untuk mengisi gelas kumur sampai penuh.
5. Berkumurlah dengan air bersih sebelum menggosok gigi.
6. Sikatlah gigi dimulai dari bagian samping kiri, samping kanan dan bagian depan dan bagian dalam
secara bergantian dengan gerakan arah sikat gigi memutar dan naik turun.
7. Bersihkan mulut dan gigi dengan sikat gigi secara hati-hati.
8. Keluarkan busa yang mengumpul di mulut.
9. Berkumurlah dengan air bersih untuk membersihkan sisa busa yang ada di mulut.
10. Bersihkan area mulut dan keringkan dengan handuk.
11. Bereskan kembali peralatan yang digunakan.
Berdasarkan teks prosedur tersebut,
1. Daftarkanlah kalimat perintah dan kalimat saran teks prosedur di atas!
2. Tunjukkan ciri-ciri bahasa yang terdapat pada teks prosedur di atas !
Tempat mengerjakan:
……………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………
……………………………………………………………………………………
Rubrik Penilaian KD 3.5
Kisi-kisi dan Pedoman Penilaian Tes tulis
No Aspek yang dinilai Skor Bobot Nilai
1 Dapat mendaftar kalimat perintah dan kalimat saran teks prosedur dengan lengkap dan benar (100%)
Dapat mendaftar kalimat perintah dan kalimat saran teks prosedur kurang lengkap (50%)
Dapat mendaftar kalimat perintah dan kalimat saran teks prosedur kurang lengkap (25% ) 3
2
1 25
2 Dapat menentukan jenis teks prosedur sesuai ciri-cirinya dengan benar dan alasan yang tepat
Dapat menentukan jenis teks prosedur sesuai ciri-cirinya dengan alasan yang kurang tepat
Dapat menentukan jenis teks prosedur kurang sesuai dengan ciri-cirinya dan alasan yang kurang tepat 3
2
1 25
3 Dapat menentukan jenis teks prosedur sesuai ciri-cirinya dengan benar dan alasan yang tepat
Dapat menentukan jenis teks prosedur sesuai ciri-cirinya dengan alasan yang kurang tepat
Dapat menentukan jenis teks prosedur kurang sesuai dengan ciri-cirinya dan alasan yang kurang tepat 3
2
1 25
4 Dapat menuliskan ciri-ciri bahasa yang terdapat pada teks prosedur dengan lengkap dan benar
Dapat menuliskan ciri-ciri bahasa yang terdapat pada teks prosedur dengan kurang lengkap , namun benar
Dapat menuliskan ciri-ciri bahasa yang terdapat pada teks prosedur dengan kurang lengkap dan kurang benar 3
2
1 25
Jumlah Skor maksimal 12 100
Pertemuan kedua
1. Teknik penilaian
a. Sikap (spiritual dan sosial)
1) Observasi (jurnal)
b. Pengetahuan
1) Tes tertulis
c. Keterampilan
1) Praktik
2. Instrumen penilaian
a. Sikap (spiritual dan sosial)
1) Jurnal
Nama Sekolah : SMP …
Kelas/Semester : VII/Semester 1
Tahun pelajaran : …
No Waktu Nama Siswa Catatan Perilaku Butir Sikap Ttd Tindak Lanjut
1
2
3
b. Pengetahuan
2) Tes tertulis
Mengetahui Tangerang, Juli 2017
Kepala SMP IT RUHUL JADID Guru Mata Pelajaran,
Sukanto, S.E Uswatun Khasanah, S. Pd
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar