Jumat, 17 November 2017

RPP Teks Observasi Kelas 7

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN Sekolah : SMP IT RUHUL JADID Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia Kelas/Semester : VII/ I Materi Pokok : Teks Laporan Hasil Observasi Alokasi Waktu : 2 X 40 Menit (1x Pertemuan) A. Kompetensi Inti 1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya. 2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya. 3. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata. 4. Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang)sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori. B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi Kompetensi Dasar Indikator Pencapaian Kompetensi 3.7 Mengidentifikasi informasi dari teks laporan hasil observasi berupa buku pengetahuan yang dibaca atau diperdengarkan 3.7.1 Mengenali ciri tujuan dan isi teks hasil observasi 3.7.2 Mengidentifikasi ciri bahasa teks laporan hasil observasi C. Tujuan Pembelajaran  Peserta didik mampu mengenali ciri tujuan dan isi teks hasil observasi  Peserta didik mampu mengidentifikasi ciri bahasa teks laporan hasil observasi D. Materi pembelajaran 1. Materi Pembelajaran Reguler Pengetahuan  Pengertian teks hasil observasi  Ciri dan tujuan teks hasil observasi  Identifikasi ciri bahasa teks laporan hasil observasi Keterampilan  Membaca buku pengetahuan atau enslikopedia  Mendaftar istilah pada teks hasil observasi  Merinci objek atau hal secara sistematis dari sudut ilmu (defenisi, klasifikasi, jabaran ciri objek) 2. Materi Pembelajaran Pengayaan Pengetahuan  Ciri dan tujuan teks hasil observasi  Identifikasi ciri bahasa teks laporan hasil observasi Keterampilan  Membaca buku pengetahuan atau enslikopedia  Mendaftar istilah pada teks hasil observasi  Merinci objek atau hal secara sistematis dari sudut ilmu (defenisi, klasifikasi, jabaran ciri objek) 3. Materi Pembelajaran Remidial Pengetahuan  Ciri dan tujuan teks hasil observasi  Identifikasi ciri bahasa teks laporan hasil observasi Keterampilan  Membaca buku pengetahuan atau enslikopedia  Mendaftar istilah pada teks hasil observasi  Merinci objek atau hal secara sistematis dari sudut ilmu (defenisi, klasifikasi, jabaran cirri objek) E. Metode Pembelajaran CTL (Contextual Teaching Learning) 1. Modeling (Pengarahan mater) 2. Questioning (Bimbingan dan eksplorasi materi) 3. Lerning Community (Tanya jawab) 4. Inquiri (Tahap penyusunan) 5. Constructivism ( Melakukan analisis) 6. Reflection (Rangkuman) 7. Authentic assessment ( Penilaian) F. Media dan Bahan Belajar 1. Media a. Gambar 2. Alat a. Laptop b. Proyektor c. Teks observasi dari internet G. Sumber Belajar 1. Buku bahasa Indonesia (Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Edisi Revisi 2017), Jakarta. 2. http://www.yuksinau.id/contoh-teks-laporan-hasil-observasi-hewan/ 3. http://www.yuksinau.id/contoh-teks-laporan-hasil-observasi-tumbuhan/ H. Langkah-langkah pembelajaran 1. Pertemuan pertama (3 jam pelajaran IPK 3.7.1) Kegiatan pembelajaran Langkah-langkah pembelajaran Alokasi waktu Pendahuluan • Guru memberi salam dan menunjuk ketua kelas untuk memimpin doa serta tilawah bersama. Penilaian sikap spiritual • Guru mengondisikan kelas sambil mengabsen, agar kondusif untuk mendukung proses pembelajaran dengan cara meminta peserta didik membersihkan papan tulis dan merapikan tempat duduk, menyiapkan buku pelajaran dan buku referensi yang relevan serta alat tulis yang diperlukan. • Guru mengecek kesiapan siswa belajar baik secara fisik maupun psikologis dengan mengajak menyanyikan lagu nasional “Garuda Pancasila” untuk membangun karakter cinta tanah air. • Guru menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi yang akan dicapai • Guru menyampaikan garis besar cakupan materi dan penjelasan tentang kegiatan yang akan dilakukan siswa dalam pembelajaran (IPK 3.7.1) • Guru menyampaikan tata tertib ketika pembelajaran dan lingkup penilaian, yaitu pengetahuan dan keterampilan 10 menit Inti Mengamati 1. Guru menampilkan gambar terkait materi pembelajaran. Menanya 1. Guru bertanya jawab mengenai pengertian teks observasi. 2. Guru memberi kesempatan kepada peserta didik mengemukakan pendapatnya mengenai pengertian teks observasi. 3. Guru menggali informasi dari peserta didik megenai materi teks observasi dan ciri bahasa.. Mengeksplorasi 1. Peserta didik mengumpulkan informasi dari tanya jawab yang dilakukan dan melengkapinya dengan membaca buku ajar dan buku referensi terkait materi. 2. Guru membagi peserta didik ke dalam beberapa kelompok yang terdiri dari 4-5 orang. 3. Guru memberikan worksheet tentang ciri dan isi teks observasi. Mengasosiasikan 1. Peserta didik berdiskusi mengenai worksheet yang diberikan 2. Peserta didik menyusun hasil diskusi tentang ciri bahasa dan isi teks observasi. Mengomunikasikan 1. Peserta didik menuliskan laporan kerja kelompok. 2. Peserta didik mempresentasikan hasil kerja kelompok di depan kelas dengan santun dan percaya diri hasil temuan perihal ciri dan isi teks observasi (penilaian pengetahuan faktual), lalu peserta didik dari kelompok lain memberikan tanggapan. 3. Guru memberikan penegasan terhadap hasil pembelajaran peserta didik. Penutup • Peserta didik bersama guru menyimpulkan materi ciri dan isi teks hasil laporan observasi • Peserta didik bersama guru melakukan identifikasi keunggulan dan kelemahan kegiatan pembelajaran yang telah berlangsung • Peserta didik menerima umpan balik dalam proses pembelajaran perihal ciri dan isi teks hasil laporan observasi • Peserta didik mendapatkan proyek literasi (membaca buku pengetahuan) dan secara jujur dicatat pada jurnal harian membaca • Peserta didik menerima penyampaian guru perihal kegiatan berikut I. Penilaian No. Kompetensi Teknik Instrumen Keterangan 1. KI 1 dan KI 2 Observasi • Lembar observasi Terlampir 2. KI 3 Tes tertulis • Uraian • Tugas (mandiri atau kelompok) Terlampir 3. KI 4 Proyek • Lembar laporan tugas proyek Terlampir LAMPIRAN-LAMPIRAN Lampiran Penilaian KI 1 Pedoman Observasi Sikap Spiritual Petunjuk : Lembaran ini diisi oleh guru untuk menilai sikap spiritual peserta didik. Berilah tanda cek (v) pada kolom skor sesuai sikap spiritual yang ditampilkan ooooopoleh peserta didik, dengan kriteria sebagai berikut : 4 = selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan 3 = sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan kadang-kadang tidak melakukan 2 = kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan sering tidak melakukan 1 = tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan Nama Peserta Didik : …………………. Kelas : …………………. Tanggal Pengamatan : ………………….. No Aspek Pengamatan Skor Keterangan 1 2 3 4 1 Berdoa sebelum dan sesudah melakukan sesuatu 2 Mengucapkan rasa syukur atas karunia Tuhan sesuai agama masing-masing 3 Memberi salam sesuai agama masing-masing sebelum dan sesudah menyampaikan pendapat/presentasi 4 Mengucapkan keagungan Tuhan apabila melihat kebesaran Tuhan sesuai agama masing-masing 5 Menambah rasa keimanan akan keberadaan dan kebesaran Tuhan saat mempelajari ilmu pengetahuan Jumlah Skor Petunjuk Penyekoran : Peserta didik memperoleh nilai : Baik Sekali : apabila memperoleh skor 16 – 20 Baik : apabila memperoleh skor 11 – 15 Cukup : apabila memperoleh skor 6 – 10 Kurang : apabila memperoleh skor 1 – 5 Penilaian KI 2 LEMBAR PENGAMATAN PENILAIAN SIKAP Mata Pelajaran : Ekonomi Kelas/Semester : X/1 Tahun Pelajaran : 2013/2014 Materi Pokok : Bentuk-Bentuk Pasar Waktu Pengamatan: Proses PBM Bubuhkan tanda √ pada kolom-kolom sesuai hasil pengamatan. No Nama Siswa Sikap Aktif Bekerjasama Toleran KB B SB KB B SB KB B SB 1. 2. 3. 4. 5. 6. 7. 8. 9. 10. Keterangan: KB : Kurang baik B : Baik SB : Sangat baik Indikator Sikap Aktif Dalam Pembelajaran Kegatan Pelaku Ekonomi 1. Kurang baik jika menunjukkan sama sekali tidak ambil bagian dalam pembelajaran 2. Baik jika menunjukkan sudah ada usaha ambil bagian dalam pembelajaran tetapi belum ajeg/konsisten 3. Sangat baik jika menunjukkan sudah ambil bagian dalam menyelesaikan tugas kelompok secara terus menerus dan ajeg/konsisten Indikator Sikap Bekerjasama Dalam Kegiatan Kelompok. 1. Kurang baik jika sama sekali tidak berusaha untuk bekerjasama dalam kegiatan kelompok. 2. Baik jika menunjukkan sudah ada usaha untuk bekerjasama dalam kegiatan kelompok tetapi masih belum ajeg/konsisten. 3. Sangat baik jika menunjukkan adanya usaha bekerjasama dalam kegiatan kelompok secara terus menerus dan ajeg/konsisten. Indikator Sikap Toleran Terhadap Proses Pemecahan Masalah Yang Berbeda Dan Kreatif. 1. Kurang baik jika sama sekali tidak bersikap toleran terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif. 2. Baik jika menunjukkan sudah ada usaha untuk bersikap toleran terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif tetapi masuih belum ajeg/konsisten. 3. Sangat baik jika menunjukkansudah ada usaha untuk bersikap toleran terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif secara terus menerus dan ajeg/konsisten Lembar Penilaian Diskusi / Presentasi No Nama Siswa Aspek Pengamatan Jumlah Skor Nilai Ket. Nama Siswa Kerja sama Mengkomunikasikan pendapat Toleransi Keaktifan Menghargai pendapat teman Presentasi Jumlah Skor Nilai Ket. 1. 2. 3. 4. 5. 6. 7. 8. 9. 10. Keterangan Skor : Masing-masing kolom diisi dengan kriteria 4 = Baik Sekali 3 = Baik 2 = Cukup 1 = Kurang Σ Skor perolehan Nilai = —————————————– X 100 Skor Maksimal (20) Kriteria Nilai A = 80 – 100 : Baik Sekali B = 70 – 79 : Baik C = 60 – 69 : Cukup D = ‹ 60 : Kurang Penilaian KI 3 Uji Kompetensi • Kerjakan soal uraian di bawah ini! 1. Jelaskan pengertian teks observasi! 2. Jelaskan ciri-ciri teks observasi! 3. Jelaskan struktur teks observasi! 4. Jelaskan yang dimaksud dengan klasifikasi umum! Penilaian KI 4 Penilaian Penugasan A. Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia B. Kelas/Semester : VII / 1 1. Penilaian Keterampilan Teknik : tes unjuk kerja Bentuk : Tes lisan Instrumen 1. Buatlah teks laporan hasil observasi tentang alam sekitar! 2. Identifikasilah struktur teks laporan hasil observasi yang telah anda buat! Lembar Kerja: No. Nama Siswa Struktur Teks Identifikasi ciri bahasa Skor Nilai Konversi 1. …. 2. … 3. Dst Rubrik No. Deskripsi Skor 1. Siswa menyusun isi teks laporan hasil observasi dengan tepat Siswa menyusun isi teks laporan hasil observasi cukup tepat Siswa menyusun isi teks laporan hasil observasi kurang tepat Siswa menyusun isi teks laporan hasil observasi tidak tepat 4 3 2 1 2. Siswa dapat mengidentifikasi 4 ciri bahasa isi teks laporan hasil observasi Siswa dapat mengidentifikasi 3 ciri isi bahasa teks laporan hasil observasi Siswa dapat mengidentifikasi 2 ciri bahasa isi kekurangan teks laporan hasil observasi Siswa dapat mengidentifikasi 1 ciri bahasa isi teks laporan hasil observasi 4 3 2 1 Nilai = Skor Perolehan x 4 = Skor maksimal (8) C. Konversi nilai = (nilai/100) x 4) Mengetahui Tangerang, 10 Oktober 2017 Kepala SMP IT RUHUL JADID Guru Mata Pelajaran, Sukanto, S.E Uswatun Khasanah, S. Pd

Tidak ada komentar:

Posting Komentar